Pengertian
Profesi Kependidikan
Profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan
pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas tinggi dalam mengabdi untuk
mencapai kesejahteraan. Profesi adalah pekerjaan namun tidak semua pekerjaan
adalah profesi. Profesi mempunyai karakter sendiri yang membedakannya dengan
pekerjaan lain seperti mempunyai keterampilan yang berdasarkan pada pengetahuan
teoritis. Professional banyak diartikan mempunyai pengetahuan teoritis yang
ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan dan bias
diterapkan pada praktek.
2.2 Evaluasi
Evaluasi adalah proses penilaian yang dilakukan pada anak
usia dini untuk menilai bagaimana kondisi anak itu, dapat atau tidak
mengerjakan sesuatu hal dan mampu atau tidak bersosialisasi dengan teman
sepermainannya. Dalam mengadakan sebuah evaluasi yang akan dibahas dalam
evaluasi itu yakni:
·
Apa yang menjadi bahan evaluasi pada
anak?
·
Bagaimana proses evaluasi itu dilakukan ?
·
Kapan evaluasi diadakan ?
·
Mengapa perlu diadakan evaluasi ?
·
Dimana evaluasi itu diadakan ?
·
Siapa yang mengadakannya ?
Pada
pasal 57 dikatakan bahwa :
1.
Evaluasi dilakukan dalam rangka
pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas
penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan
2.
Evaluasi dilakukan terhadap peserta
didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk
semua jenjang, satuan dan jenis pendidikan
Evaluasi
kemampuan belajar anak didik bukan hanya dalam aspek kognitifnya saja tetapi
juga mengenai aplikasi atau performance, aspek efektif yang menyangkut sikap
serta internalisasi nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan di bina melalui
pengajaran yang telah diberikan pendidik seperti teori mata pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar