Jumat, 18 Januari 2013

Agresivitas



 Agresivitas dan Apek-Aspek

Agresivitas merupakan  salah satu bentuk perilaku yang dimiliki oleh setiap orang. Freud, Mc Dougall, dan Lorenz (dalam Ekawati,2001) mengemukakan bahwa manusia mempunyai dorongan bawaan atau naluri untuk berkelahi. Sebagaimana pengalaman fisiologis rasa lapar, haus, atau bangkitnya dorongan seksual, maka dibuktikan bahwa manusia mempunyai naluri bawaan untuk berperilaku agresi.
Definisi tentang agresivitas telah dikemukakan oleh banyak ahli, sehingga sangat variatif. Baron dan Byrne (1984) mengemukakan, bahwa agresivitas adalah dorongan dasar yang dimiliki oleh manusia dan hewan, dengan tujuan menyakiti badan atau melukai perasaan orang lain. Lebih lanjut  Baron dan Byrne (1984) mengatakan bahwa perilaku agresif adalah suatu bentuk perilaku yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan orang lain.
Brigham (1991) mendefinisikan agresi sebagai perilaku yang ditujukan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis. Pendapat senada diungkapkan oleh Berkowitz (1995) yang mendefinisaikan agresi sebagai segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti seseorang baik fisik maupun mental. Ahli lain Moore dan Fibe, Aronson (Koeswara, 1988) juga mendefinisikan agresi sebagai segala bentuk perilaku kekerasan baik itu secara fisik  ataupun verbal yang dilakukan seseorang dengan maksud untuk melukai atau mencelakakan orang lain baik dengan ataupun tanpa tujuan.
Medinnus dan Johnson (1976) mengemukakan bahwa agresi adalah perilaku yang bersifat menyerang, dapat berupa serangan fisik, serangan terhadap objek, serangan verbal, dan melakukan pelanggaran terhadap hak milik atau menyerang daerah orang lain. Lebih lanjut Medinus dan Johnson (1997) mengemukakan bahwa agresi adalah serangakaian tindakan atau tingkah laku yang bermaksud merugikan atau melukai.
Agresivitas dapat terjadi kapan dan dimana saja, tidak memandang waktu dan tidak peduli siapa yang akan jadi korban. Hal ini senada dengan apa yang telah diungkapkan oleh Dollard ( Harvey dan Smith, 1977), bahwa tindakan agresi ditujukan kepada orang lain yang menjadi sasaran dari tingkah laku tersebut.
Dari beberapa uraian di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa agresivitas adalah suatu perilaku yang dimaksudkan untuk melukai atau menyakiti yang mengandung unsur kekerasan, serangan atau gangguan baik secara fisik ataupun verbal, dan merusak atau mengambil hak milik orang lain dengan atau tanpa tujuan dan korban tidak menghendaki perilaku tersebut.


ASPEK-ASPEK AGRESIVITAS
            Menurut Johnson dan Medinnus (1974), pembagian agresif dapat dikelompokkan menjadi empat bagian dan hal ini dapat dijadikan sebagai aspek-aspek perilaku yang mengindikasikan tindakan agresivitas, diantaranya sebagai berikut :
a.       Menyerang dengan atau pada fisik
Menyerang dengan atau pada fisik adalah agresi yang dilakukan untuk melukai orang lain secara fisik. Melukai dapat dilakukan dengan memukul dengan kepalan tangan untuk meninju, dengan kaki untuk menendang, dapat pula dilakukan dengan menggunakan instrument atau alat seperti menggunakan pisau untuk menusuk, menggunakan api untuk membakar, menggunakan pistol untuk menembak dan  sebagainya.

b.      Menyerang pada benda atau obyek
Menyerang pada benda atau obyek adalah agresi yang dilakukan pada benda mati yang tidak berhubungan dengan target yang memunculkan amarah. Contoh anak yang marah pada ayahnya kemudian melampiaskan kemarahannya pada boneka.

c.       Menyerang secara verbal atau simbolik
Menyerang secara verbal atau simbolik adalah agresi yang dilakukan untuk melukai orang lain secara verbal. Bila seseorang sedang mengumpat, mengejek, mengancam, membantah dan sebagainya, berarti seseorang itu sedang melakukan agresi verbal.

d.      Pelanggaran terhadap hak milik orang lain atau menyerang daerah orang lain
Menyerang daerah orang lain atau pelanggaran terhadap hak milik orang lain adalah agresi yang dilakukan untuk melanggar hak milik orang lain. Seperti memaksakan pendapat, merusak barang hak milik orang lain.



1 komentar:

  1. Vimeo Videos - YouTube - Videoodl.cc
    Vimeo Videos - YouTube Videos on Videos. YouTube Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. mp3 to youtube youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos. youtube. Videos.

    BalasHapus