Kamis, 03 Januari 2013

kemampuan bicara anak

Masalah Kemampuan Bicara Anak
 
Hidup di tengah masyarakat yang sangat majemuk, kemampuan bicara anak adalah bekal berharga saat bersosialisasi. Kemampuan bicara anak sudah seharusnya kita cermati sejak usia dini.

Ada beberapa hal yang mestinya Anda cermati, apakah ada masalah pada kemampuan bicara anak, diantaranya:

Anak hingga usia 12 bulan
  • Bayi tidak merespon saat mendengar rangsangan suara
  • Tidak mau mengeluarkan suara saat ingin sesuatu
Anak usia 12 hingga 24 bulan
  • Balita lebih memilih memanfaatkan gerakan tubuh ketimbang mengucap kata untuk berkomunikasi
  • Balita sulit meniru suara saat usia 18 bulan
  • Belum bisa memahami permintaan/perintah sederhana
     
Anak usia diatas 2 tahun
  • Hanya mampu menirukan kata-kata namun belum mampu berinisiatif mengucapkan kata-katanya sendiri secara spontan
  • Hanya mampu mengucap sejumlah kata secara berulang dan belum mampu mengkomunikasikan apa yang menjadi keinginannya
  • Belum mampu memahami perintah sederhana
  • Intonasi yang tidak biasa saat mengeluarkan suara (semisal bersuara sengau)
  • Anda sulit memahami apa yang diucapkan anak. Separuh orang tua seharusnya mengerti apa yang diucapkan anak usia 2 tahun. Tigaperempat orang tua seharusnya dengan mudah memahami apa yang diucapkan anaknya pada usia 3 tahun. Dan saat anak 4 tahun, ucapan anak seharusnya gampang dimengerti orang tuanya dan bahkan oleh orang yang baru bertemu sekalipun
     
Penyebab keterlambatan kemampuan bicara. Banyak faktor menjadi penyebab keterlambatan kemampuan bicara dan berbahasa anak. Keterlambatan kemampuan berbicara pada anak ini biasanya disebabkan kelainan pada bagian-bagian mulut. Seperti masalah pada lidah atau langit-langit mulut. Kelainan pada frenulum (lipatan di bawah lidah) juga bisa menyebabkan kesulitan bicara.

Beberapa anak yang mengalami keterlambatan bicara, disebabkan masalah di sekitar mulut yang berbuntut ketidakefisienan saat berbicara. Kemampuan bicara yang terganggu ini bisa jadi satu-satunya masalah atau sebaliknya, ada berkaitan dengan masalah kesehatan lain seperti masalah saat menelan makanan. Atau lebih dari itu, keterlambatan bicara bisa pula mengindikasikan ada masalah perkembangan lain pada tubuh anak.

Masalah pada pendengaran juga kerap terkait dengan keterlambatan bicara. Hal inilah yang menyebabkan kenapa anak yang mengalami keterlambatan bicara juga harus diperiksa pendengarannya. Karena jika ada masalah pada pendengaran, anak akan kesulitan untuk mengerti percakapan dan berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar